Spot Foto di Bekasi, Curug Parigi

Untuk rekan-rekan yang ingin mencari tempat hunting foto di daerah Bekasi, sekitar Oktober tahun lalu saya menemukan sebuah tempat yang cukup menarik. Spot tersebut adalah curug atau air terjun bernama Parigi. Lokasi curug tersebut berada di Jl. Raya Narogong dan bagi yang berdomisili di Depok atau Cibubur dapat mengaksesnya melalui Cileungsi ke arah Bekasi. Saya sendiri sudah dua kali ke sana untuk berlatih teknik long exposure. Lokasi ini cukup hits di sosial media Instagram dan saya langsung tertarik ketika mengetahuinya.

Alasan yang pertama karena mudah dicari dan dekat (saya tinggal di Jakarta) dan yang kedua adalah retribusi masuk yang cukup murah. Hanya dengan Rp. 5000,- sudah dapat jepret sepuasnya sampai lowbet. Curug ini bukanlah curug alami seperti curug-curug lainnya. Lebih tepat jika disebut sebagai curug buatan karena berasal dari hasil galian batu sungai untuk pembangunan jalan raya di sekitar daerah tersebut. Namun karena batuannya terlalu keras maka penggaliannya tidak sampai selesai dan menjadi air terjun mini.

Oh iya jangan berharap curug ini adalah curug buatan yang bersih ya. Baunya sangat menyengat dan cukup banyak sampah di sekitarnya. Bahkan airnya pun sampai berbuih karena tercemar limbah rumah tangga. Namun bagi saya, sebetulnya curug ini lumayan cantik dan Instagramable. So jika bermain di Curug Parigi please jangan menambah jumlah sampah dengan membuang sampahmu dengan sembarangan ya. Alam bukan tempat sampah! πŸ˜€

Berikut beberapa hasil jepretan saya saat bermain di Curug Parigi. Powered by Sony Ξ±6000, Samyang 12mm, Sony SEL 55-210mm, and VEO 204AB tripod. Gambar-gambar di bawah ini saya ambil dengan format RAW dan sudah re-touch melalui aplikasi Google Snapseed.

Dengan lensa Samyang ultra wide 12mm :

At Dawn
Trial Samyang 12mm
Squash!
Eternal Love

Berikut dengan lensa telephoto dari jarak yang agak jauh, untuk memberikan kesan lebih tajam dan lebih fokus namun masih ‘ngelandscape’ :

Using Telephoto Lens 55-210mm
Jagalah Kebersihan Alam
Dan yang ini saya ambil saat sunrise :

Tips :

Ini sekedar pendapat pribadi saya ya hehehe, selera orang berbeda-beda soalnya.

Mengambil foto di daerah ini baik sore ataupun subuh memberikan hasil yang sama-sama menakjubkan kok, apalagi jika memiliki filter lensa yang oke untuk menambah saturasi warna. Cocok bagi yang ingin explore long exposure. Sekedar saran mungkin jangan datang ke sini ketika hari libur karena cukup ramai oleh pengunjung ataupun saat hujan karena air di sini akan menjadi sangat keruh akibat erosi di sekitar DAS (daerah aliran sungai). Momen yang dapat dijadikan pertimbangan adalah ketika awan mendung, menambah ‘nuansa’ tersendiri karena gabungan gambar dari awan mendung dan air terjun memperkuat sisi eksotis pada hasil jepretan.

Oke sekian dari saya, semoga berkenan and cheers!

4 thoughts on “Spot Foto di Bekasi, Curug Parigi

    1. Eh Yolaa, ahahaha sebetulnya gue rambo sih kalo bawa kamera alias serampangan. Jadi ngga pake water seal gitu, yang penting jaga hati jarak dan perasaan tripod pastikan kokoh πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s