Cara Mendapatkan Foto Bulan dengan Kamera Digital

Saya sendiri adalah salah seorang penggemar astrophotography. Jika ada yang belum tahu apa itu astrophotography lebih lengkapnya dapat baca terlebih dahulu di sini. Untuk penjelasan singkatnya adalah aliran fotografi yang fokus dengan obyek di angkasa. Semisal bulan, bintang, meteor perseid, dan lain sebagainya. Nah kebetulan malam hari kemarin sedang fase purnama. Akhirnya saya iseng-iseng mengeluarkan kamera dari tas dan menyiapkan tripod.

Yap, saya berburu foto bulan purnama. Bulan purnama seringkali diabadikan oleh para fotografer karena pada fase tersebut bulan tampak utuh bulat dan lebih bercahaya. Untuk contoh-contoh hasil jepretan dari para fotografer dapat mengunjungi poolnya di Flickr. Asik lho sebetulnya menekuni hobi ini dan butuh ekstra kesabaran, karena fase bulan purnama hanya sebulan sekali dan itu pun kita harus mengetahui kapan munculnya bulan purnama berdasarkan kalendarnya.

Untuk mengetahui kapan fase bulan purnama, saya menginstall aplikasi ini di iPhone. Selain di smartphone, kita juga dapat memanfaatkan website ini sebagai alternatif. Yang perlu diperhatikan adalah jika kita berada di Indonesia maka perlu cek apakah jadwalnya untuk southern hemisphere. Beda lintang-bujur beda jadwal. Lalu kamera yang dibutuhkan kira-kira yang seperti apa? Kalau yang saya baca-baca dari hasil gugling pastinya yang memiliki focal length > 200mm. Jadi tidak ada batasan genre kamera. Nah beruntung jika punya yang di atas > 300mm. Sisanya adalah mode jepret dapat diset manual.

Lalu untuk tripod? Nah tripod ini tidak wajib kok, untuk menambah ketinggian (meski hanya menambah 0.000000000-n sekian sentimeter hahaha) atau jika malas pegang kamera agar dapat lebih fokus dengan setting. Banyak yang salah kaprah melakukan pengambilan gambar bulan dengan teknik long exposure. Biarpun dengan tripod pasti hasilnya blur hehe. Justru seharusnya dengan shutter speed yang cepat saat mengambil gambar. Kok cepat? Karena sebetulnya bumi dan bulan itu berotasi. Jadi istilahnya kita ini bergerak di tempat tanpa disadari.

Tuh kan cukup menantang dan menarik jika sudah mengintip poolnya di Flickr? Jika sudah tertarik tinggal prakteknya kan? Perlengkapan yang saya gunakan adalah kamera mirrorless dan lensa tele dengan focal length 55-210mm. Untuk tripod, seperti yang tadi saya sudah jelaskan adalah karena ingin lebih fokus mengatur setting kamera hehe. Lalu bagaimana dengan setting manualnya? Monggo disesuaikan dengan kebutuhan serta spek ‘senjata’nya masing-masing :

  • Focal length : 210mm (Maksimal dari focal length lensa tele saya)
  • Aperture : f9 – f11 (Agar dapat detailnya, tergantung selera tapi rata-rata orang mengambil >= f9)
  • Focus : manual focus (Atur ring sampai mendapatkan titik jarak yang sesuai, kebetulan saya memanfaatkan fitur focus peaking yang ada di kamera dan fitur ini memang sangat bermanfaat jika menggunakan manual focus)
  • Shutter speed : nah yang satu ini saya manfaatkan untuk mengatur cahaya, jika f9 maka untuk mendapatkan warna cahaya terang saya set 1/200 namun jika ingin lebih nature saya set > 1/400
  • ISO : 100-320 (justru jangan terlalu tinggi, bulan sudah cukup terang karena memantulkan cahaya dari matahari dan sekelilingnya adalah langit gelap)

Apalagi ya kira-kira yang kurang? Hmm saya rasa sudah cukup sih. Sisanya tinggal penyesuaian dari gadget masing-masing ya. Berikut beberapa hasil hunting dari yang latest sampai dengan yang jadul hehe. Semoga berkenan

Semalam
Malu-malu
Purnama di Dieng
Blood Moon September 2015

Bulan adalah celestial object yang paling mudah untuk dicintai!

Yap cukup sekian dari saya, jika misal ada yang punya setting berbeda dan pengalaman jepret bulan dengan kamera masing-masing silakan share yak!

smilies_fbeqyos6i5nk.gif

Cara Mendapatkan Foto Bulan dengan Kamera Digital

2 thoughts on “Cara Mendapatkan Foto Bulan dengan Kamera Digital

    1. Siap, ada yang pernah jepret bulan dengan menggunakan Samsung Galaxy seri S di Instagram by the way. Next saya coba explore tentang mobile photography hehe 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s