Foodgasm Masakan Rumah

Pulang ke rumah itu adalah berkat yang sangat ditunggu oleh anak kost seperti saya. Gimana tidak? Soalnya menyangkut urusan lidah dan perut, dan rumah memang memiliki cita rasa tersendiri dalam menyediakannya *sujud syukur lalu sungkem tangan mbak Imah* Biasa di Jakarta menu andalan weekend adalah Soto Kudus plus jeroan otak goreng dan jika sehari-hari biasanya masakan sunda, ayam penyet / tongseng ayam, dan seringkali Ketoprak Cirebon.

Bukannya saya itu orang yang tidak bersyukur. Tetapi kalau dapat makan di rumah, maka saya lebih memilih untuk makan di rumah hehe. Soalnya cita rasa, jaminan kesehatan, dan mutu bumbunya tentu jauh lebih oke. Selain itu bermacam jenis masakan dapat saya coba. Kalau di kost saya sendiri sering terpentok masalah jumlah warung langganan. Maklum kebanyakan nonton reportase jadinya lebih beware. Bersyukurlah orang-orang yang masih dapat mencicipi makanan dan berkecukupan 🙂

Terlepas dari monotonnya makanan yang saya konsumsi beberapa minggu belakangan ini. Kebetulan di Jakarta ada beberapa destinasi rumah keluarga yang sering saya satroni untuk merasakan kehidupan rumah. Beberapa menu yang terdokumentasi di antaranya

1. Brownies

Kue pamungkas buatan tangan Debora sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kelegitannya. Rasa coklatnya yang manis sangat pas beradu dengan renyahnya tepung gandum yang dipanggang. Taburan almondnya turut menambah produksi air liur *slurrp* Bik Tuti sebagai supervisor koki di rumah pun siap menambahkan secangkir teh hangat dengan perasan air lemonnya. Sambil mendengarkan Rakhael manis main piano, ngemil brownies dulu lah. Manis dan segar, harmoni. Nikmat dunia mana lagi yang saya tolak?

Si coklat lebut yang manis.

2. Spaghetti

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke KFC hanya untuk beli makanan satu ini, karena sekarang cukup membawa 1 bungkus La F*nte ke rumah Kak Ore dan Kak Nila. Selanjutnya pasrahkan saja kepada pasangan Chef handal tersebut. Hasilnya maknyus dan joss. Spaghetti yang lembut berpadu dengan saus tuna yang gurih dan keju parut yang nano-nano. Nyamm, perut jadi lapar lagi malam ini. Eh, kalau kurang penutup. Kak Nila jago membuat bakwan jagung. Setelah perut diisi yang soft, saatnya mulut merasakan sesuatu yang renyahnya rock n roll!

Spaghetti, saus tuna, keju parut, dan bakwan jagung. 4 sekawan.

3. Mie Titi

Sudah pernah makan Mie Kremez? Atau saudara tuanya si Anak Mas? Keluarga Om Roso punya masakan andalan saat saya main ke rumah beliau. Persilangan kentalnya sup jagung dan kriuk-kriuknya mie yang disangrai. Disajikan saat masih panas, hangat dan kentalnya kuah menjadi obat saat udara dingin Salatiga menyerang, tetapi tetap kaya akan kesegaran karena ditambahkan sayuran dan aneka seafood *apalagi kalo dicampur rajungan dan kepiting* Camilan mienya yang renyah memiliki sensasi Ifumie. Saya yakin Om Roso pasti adalah orang Makassar yang menyamar sebagai warga Salatiga!

Mie Titi khas Kak Ore dan Kak Nila (murid Chef Roso)

4. Sweet as Home, Fruit

Kalau yang satu ini saya tidak banyak komentar. Kesederhanaan tangan seorang ibu yang lebih mengutamakan gizi dan kesehatan anak-anaknya. Badan jadi selalu fit. Biarpun nampak kecil karena dipotong dadu, tapi mengandung jutaan cinta kasihnya. Buah naga yang disajikan oleh ibu, satu-satunya makanan yang paling ngangenin dan dicari jika pulang ke Salatiga. Saya memang anak mama! Home sweet home, and it’s the sweetest thing that I ever have.

Buah Naga

Oke, itulah beberapa makanan yang membuat saya selalu betah dan selalu ingin kembali mencicipi jika pulang ke rumah. Jadi self-reminder untuk selalu bersyukur, karena di luar sana masih banyak yang masih belum dapat menikmati hal-hal seperti ini. Bukan bermaksud pamer atau riya. Tapi justru rasa berterimakasih and stay healthy. Kalau kisanak sendiri masih suka jajan? Saya juga masih sering kok! 🙂

Foodgasm Masakan Rumah

2 thoughts on “Foodgasm Masakan Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s