Aku Indonesia

Dahulu kala ada masa sangat membenci para meneer VOC ketika memanggil diri kami dengan sebutan inlander, yang sekarang justru menggadang-gadangkan kedigdayaan kepribumian dan keinlanderan diri kami.

Padahal ketika dari mulut ini menyebut inlander atau bangga dengan pribumi, maka sudah sah untuk menyandang gelar sebagai penjajah negeri sendiri.

Sekarang adalah Indonesia. Sehingga bagi para inlander atau pribumi dan mereka yang tinggal di negeri ini tetapi nenek moyangnya tidak berasal dari kepulauan “Hindia Belanda” namun tidak percaya dengan Pancasila MAKA BUKANLAH SEORANG INDONESIA. Tetapi jika hapal, percaya, dan filosofi bernegara berbasiskan Pancasila MAKA ADALAH SEORANG INDONESIA. Itu mutlak.

—————————-ESSAY—————————-

Memang jenis kelamin, nama, suku, agama, ras, dan kelompok golongan adalah yang melekat dari awal ketika manusia dilahirkan. Ibarat adalah kodrat yang mulia untuk setiap masing-masing individu.

Agama tidak dilarang untuk dipeluk karena tidak mengajarkan kebencian dan kejahatan dan menjadi penerang bagi umat, Indonesia bukan hanya milik satu agama.

Suku dan ras adalah untuk memperkaya persahabatan dan persaudaraan, bukan untuk diultimatum dengan kebencian dan rasa dengki.

Kelompok dan golongan adalah saling melengkapi, bukan untuk saling menindas antar mayoritas dengan minoritas.

Indahnya perbedaan karena itu adalah kelebihan dan stop click share button untuk menyebar dengki antar perbedaan meski itu adalah pendapat berbalut aspirasi, be positive!

Agama, suku, kelompok, golongan, budaya sudah ada sebelum Indonesia ini muncul. Semua bukan berasal dari Indonesia, jauh lebih tua, Indonesia berasal darinya, dan adalah elemen bagi negeri ini.

Bhinneka Tunggal Ika, Garuda Indonesia!

Salam,

smilies_fb5ly1xu2wka.gif

Adinandra Dharmasurya.
Jakarta, 28 Januari 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.