Edit Foto di Genggaman Tangan

Adobe Lightroom - Play Store Google Snapseed - Play Store

Menurut Koh Entje photo editing bukanlah suatu hal yang diharamkan. Saya tidak berprofesi sebagai fotografer dan sangat jelas bukan seorang fotografer professional. Hanya sebagai pegiat fotografi karena memang suka mengabadikan momen. Terkadang meski saya sudah berusaha mengambil gambar dengan optimal (memperhitungkan perspektif, exposure, ISO, aperture, dan aperture) tapi terkadang seringkali merasa bahwa gambar yang dihasilkan oleh kamera kurang begitu maksimal.

Cielah, sudah berasa sok ahli saja (lah emang iya kan saya itu sok banget? hehe). Nah salah satu solusinya adalah dengan editing foto. Tidak ada yang salah sih menurut saya. Kenapa? Terkadang foto yang saya ambil itu one shot moment. One night standing. Cinta satu malam #eh. Maksud saya jika gambar yang dihasilkan adalah momen yang ternyata adalah tidak dapat diulang dan dirasa seharusnya dapat diolah dengan lebih baik. Ya sudah foto editing sah-sah saja.

Selain itu adalah keterbatasan kamera, mungkin secara natural foto sudah cukup bagus. Tetapi namanya juga manusia itu pasti punya sense of art. Jika semisal spesifikasi kamera tidak dapat mengikutinya. Meski entah itu sudah dengan bantuan filter lensa dsb untuk meningkatkan refleksi, menurunkan exposure sehingga dapat main longexposure, dan menambah saturasi. Ada kalanya “ekspresi” dari foto itu tetap tidak dapat memuaskan hasrat seni. Namanya juga manusa, mana ada puasnya? Hehe. Ya lagi-lagi foto editing sah-sah saja.

Semisal untuk mendapatkan efek dramatis, menambah ketajaman dan detail, saturasi dan ambience, dsb. Kalau saya sendiri lebih suka bernuansa glow, soft, dan warm color. Masing-masing orang punya sensenya sendiri-sendiri. Karena di kamera saya (mungkin saya yang tidak tahu caranya) terkadang tidak dapat langsung menghasilkan seperti keinginan saya, di saat itulah saya merasa sangat terbantu dengan adanya laptop dan smartphone hehe.

Beragam aplikasi berbayar dan gratisan yang tersebar untuk editing foto. Nah untuk di MacBook saya sudah install Aperture 3.6. Emh, standard sih. Karena toh saya biasa mengedit hanya dengan fungsi dasar dan belum tergerak untuk memanfaatkan plugin-pluginnya. Di kelasnya ya setara dengan Adobe Lightroom. Tapi saya sudah merasa cukup dengan Aperture. Kenapa tidak dengan Adobe Lightroom sih? Ya suka-suka hehe. Anti mainstream dikit lah 😀

Nah untuk yang di mobile, karena kebetulan gratisannya lebih banyak. Saya install Google Snapseed dan Adobe Lightroom. Kenapa install di mobile? Karena memang kebetulan saya orangnya mobile banget dan jarang buka laptop jika tidak sedang ngepoin mantan bekerja atau menulis blog. Lebih doyan dengan yang instan dan dapat dibuka di mana saja karena toh foto biasa sudah saya sinkron di Google Photos (terintegrasi di Android). Lagipula juga hasil proses dari aplikasi di mobile lebih berasa “nempel” di mata (khususnya Google Snapseed menurutku)

Sedangkan jika harus membandingkan antara Snapseed dengan Lightroom? Menurut saya secara penggunaan Snapseed lebih simple dan lebih cepat. Sedangkan jika Lightroom lebih masif, lengkap, dan mengena fitur-fiturnya. Untuk efek-efek gambar masing-masing cukup oke. Cuma kok yang Snapseed terkesan terlalu lebay terkadang, sedangkan Lightroom terlalu standard. Sedangkan kalau hasil tergantung pengolahan jadi tidak benar-benar dapat dibandingkan, itu mah masalah skill bukan tools. Kalau masalah rasa jadi susah hehe. But overall, I love ’em both.

O iya, di iOS dengan kedua aplikasi ini kita dapat mengolah format RAW tapi entah dengan Android. Ada banyak aplikasi alternatif lainnya yang mungkin dapat dibilang jauh lebih oke serta gratis pula. Misal VSCO, Fotor, Adobe Photoshop, GIMP, dsb. But anyone have their own decision. So what’s your favorite app for photo editing guys? No offense, ini semua bersifat relatif 😀

One thought on “Edit Foto di Genggaman Tangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.